Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Suryani, Suryani
Abdul, Malik
Wahyu, Indrayatti
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 00:40:18
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh strategi pembelajaran
berbasis masalah terhadap kemahiran membaca interpretatif siswa Kelas XI Sekolah Menengah
Negeri Atas Negeri 1 Teluk Bintan,Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Untuk mencapai tujuan tersebut
digunakan metode eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan
dalam penelitian ini adalah one-group pretest-postest design, artinya rancangan penelitian ini
dilihat dari hasil pretes ( sebelum diberi perlakuan dan dibandingkan dengan hasil postes
( setelah diberi perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah
terhadap kemahiran membaca interpretatif siswa.
Hasil pengujian hipotesis memperoleh temuan ada perbedaan kemahiran membaca
interpretatif antara siswa yang dilatih dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (setelah
perlakuan) dengan siswa yang kemahiran membaca interpretatif yang tidak diberi perlak uan
dengan strategi pembelajaran berbasis masalah, ternyata dengan d.b sebesar 42 itu diperoleh
besarnya ?t? dalam hitungan Nilai ( = 2,02 dan = 2,69), sedangkan ( = 12.94) maka
dapat diketahui bahwa adalah lebih besar daripada ; yaitu: 2,02 < 12.94 > 2,69. Karena
lebih besar dari hipotesis nol yang diajukan di muka ditolak. Hal ini berarti bahwa adanya
perbedaan skor kemahiran membaca interpretatif para siswa antara sebelum perlakuan dan
sesudah diterapkannya perlakuan strategi pembelajaran berbasis masalah.
Kesimpulan yang dapat ditarik ialah, berdasarkan hasil uji tersebut di atas, secara
meyakinkan dapat dikatakan strategi pembelajaran berbasis masalah telah menunjukkan
pengaruh yang nyata, artinya dapat diandalkan sebagai strategi yang baik untuk mengajarkan
bidang studi bahasa Indonesia pada kemahiran membaca tingkat Sekolah Menengah Atas.