Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Ade Trisman, WIjaya
Linda, Rosmery
Trisna, Amelia
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-24 05:10:45
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembel ajaran
berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik
(LKPD), dan soal tes pemahaman konsep pada materi segitiga dengan model
pembelajaran probing prompting berbasis etnomatematika untuk siswa SMP kelas
VII semester II. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan
hasil pengembangan perangkat dengan model pembelajaran probing prompting
berbasis etnomatematika untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian adalah R&D (research and development) atau
pengembangan, dengan tahapan penelitian; define (pendefinisian), design
(perancangan), development (pengembangan), untuk tahap disseminate
(penyebaran) pada penelitian ini tidak dapat dilakukan dengan alasan kesehatan
yang mengharuskan sekolah diliburkan. Objek dalam penelitian ini adalah
perangkat pembelajaran materi segitiga dengan model pembelajaran probing
prompting berbasis etnomatematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah lembar penilaian perangkat pembelaja ran untuk mengukur kevalidan
perangkat pembelajaran Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran
berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik
(LKPD), dan tes pemahaman konsep matematis siswa pada materi segitiga.
Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap validasi para ahli menunjukkan
bahwa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran probing prompting
berbasis etnomatematika dikategorikan valid dengan diperoleh hasil rata-rata pada
perangkat rpp sebesar 77,27 % dengan kriteria valid, dan pada perangkat lkpd
diperoleh rata rata sebesar 77,07 % dengan kriteria valid dan pada 4 butir soal
pada tes pemahaman konsep matematis siswa dinyatakan valid dari aspek bahasa
dan isi oleh ketiga ahli. Secara keseluruhan perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan layak untuk digunakan.