Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
MELANI SEKAR, NOVIANTI
Rayandra, Asyhar
Fitriah, Khoirunnisa
Subject
371.102 Teaching/Pendidikan, Pengajaran
Datestamp
2021-07-21 03:57:28
Abstract :
Penerapan pendekatan saintifik yang belum optimal dikarenakan masih
terbatasnya fasilitas laboratorium yang dimiliki. Kegiatan pembelajaran berbasis
lingkungan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan fasilitas
laboratorium yang dimiliki yaitu dengan memanfaatkan limbah cangkang kerang
yang terdapat di lingkungan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis lingkungan pada
materi faktor-faktor laju reaksi serta mengetahui validitas dan praktikalitas LKPD
yang dihasilkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Reseacrh and
Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4
(empat) tahap, yaitu (1) define, (2) design, (3) development, (4) dessiminate, tetapi
pada penelitian ini dibatasi hingga tahap development. Pengumpulan data
dilakukan di MAN Tanjungpinang, LKPD diuji cobakan kepada 1 orang guru
kimia dan sebanyak 10 orang peserta didik. Hasil pengembangan LKPD berbasis
lingkungan ini memenuhi kategori sangat valid dengan hasil presentase validitas
oleh ahli materi sebesar 90%, dan hasil presentase validitas oleh ahli media
sebesar 97%. Persentase hasil praktikalitas oleh guru dan peserta didik terhadap
LKPD berbasis lingkungan yang dikembangkan masing-masing sebesar 85,30%
dan 83,50% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
LKPD berbasis lingkungan pada materi faktor-faktor laju reaksi yang telah
dikembangkan layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran.