Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Fawwaz, Abdul Aliy
Nur, Izzati
Mirta, Fera
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 10:36:50
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran SAVI
dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional di SMK Negeri 1 Batam
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi
eksperimen desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Batam tahun ajaran 2018/2019 yang
terdiri dari 11 kelas dengan jumlah siswa 318 siswa. Penelitian ini menggunakan dua
kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random
sampling, yaitu kelas XI Elektronika I dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI Otomasi I yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar
observasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi persamaan
kuadrat.
Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep
matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,6466, sedangkan rata-rata peningkatan
kelas kontrol sebesar 0,3537. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau ( = 0,05),
diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dalam penelitian ini menggunakan uji satu
pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,000 dimana p-value < , maka Ho
ditolak. Hal
ini berarti peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang
memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI lebih tinggi daripada
yang memperoleh pembelajaran konvensional