Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Fitri, Handayani
Alona, Dwinata
Febrian, Febrian
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 10:40:43
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model
pembelajaran CUPs dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional di SMP
Negeri 1 Bintan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian quasi eksperimen desain pretest-posttest control group design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bintan tahun
ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 256 orang.
Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel yang diambil dengan
menggunakan teknik acak kelas, yaitu kelas VIII B dengan jumlah siswa 32 orang
sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C yang berjumlah 32 orang sebagai kelas
kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa
xvi
lembar observasi dan tes pemahaman konsep matematis pada materi relasi dan
fungsi.
Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep
matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,5418, sedangkan rata-rata
peningkatan kelas kontrol sebesar 0,2728. Berdasarkan hasil perhitungan uji
hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau
( = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000. Dalam penelitian ini
menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,000 dimana p-value <
, maka Ho
ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran
CUPs lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran konvensional.