Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Nungki Nuralita, Rhomadhani
Linda, Rosmery
Nur, Izzati
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 11:01:57
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model
pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran secara
konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa pada materi SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 5 Tanjungpinang. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 5 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6
kelas dengan jumlah siswa 180 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas
sebagai kelas sampel yang diambil dengan teknik cluster sampling, yaitu kelas
VIII D yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F yang
berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen berupa lembar observasi, tes kemampuan pemecahan
masalah matematis, dan lembar angket.
Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis kelas eksperimen sebesar 0,57, sedangkan rata -rata
peningkatan kelas kontrol sebesar 0,37. Berdasarkan hasil perhitungan uji statistik
terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada
kedua kelompok pembelajaran dengan menggunakan Independent Sample T-test
pada taraf signifikansi 5% atau (? = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000
dimana p-value < ?, maka H0
ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran ARIAS lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran
secara konvensional dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa pada materi SPLDV kelas VIII di SMP Negeri 5 Tanjungpinang.