Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Rina Rahma, Dinni
Febrian, Febrian
Linda, Rosmery
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 11:11:07
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dan untuk mengetahui efikasi diri siswa yang diajarkan
dengan menggunakan pembelajaran problem based learning lebih tinggi daripada
siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian campuran atau mixed method.
Jenis penelitian pada pendekatan kuantitatif ini adalah kuasi eksperime n dengan
desain Nonrandomized Kontrol Group Pretest-Posttest Design dan pada
pendekatan kualitatif ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu
siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjungpinang. Penentuan sampel untuk kelas
eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini dilakukan secara purposive
sampling. Pada kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran
PBL sedangkan kelompok kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran
konvensional.
Berdasarkan hasil analisis data dipeoreh bahwa pembelajaran dengan
penerapan pembelajaran PBL mempunyai peningkatan kemampuan pemecahan
masalah yang lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran
konvensional, dimana rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,58 dan kelas
kontrol sebesar 0,38. Dari uji hipotesis dengan statistik parametik, yaitu
Independent Sample T-Test dengan mengguanakan taraf signifikansi 0,05
diperoleh perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah
matematis yang signifikansi, yaitu nilai sig (1-tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti
H0
ditolak. Pada penerapan PBL perbedaan efikasi diri siswa, berdasarkan hasil
uji hipotesis dengan statistik parametik, yaitu Independent Sample T-Test dengan
mengguanakan taraf signifikansi 0,05 diperoleh perbedaan rata-rata efikasi diri
tidak lebih tinggi, yaitu nilai sig (1-tailed) = 0.4195 > 0,05 yang berarti H0
diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahawa penerapan pembelajaran
PBL dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa tetapi untuk perbedaan efikasi diri siswa
tidak lebih tinggi