Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Rini, Elyani
Nur, Izzati
Sukma Adi, Perdana
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 11:17:36
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan perbedaan peningkatan
kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapat
pembelajaran melalui model pembelajaran ARIAS berbantuan LKS dengan siswa
yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Jenis penelitian yaitu quasi
eksperiment dengan desain Randomized Control Group, Pretest-Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7
Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 11 kelas dengan
jumlah siswa sebanyak 440 siswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai
sampel yang diambil secara acak kelas, yaitu kelas VII.2 terdapat 40 siswa
sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 terdapat 40 siswa sebagai kelas kontrol.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar
observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi
himpunan.
Setelah dilakukan analisis dan pengujian hipotesis maka terdapat
perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan
penerapan model pembelajaran ARIAS berbantuan LKS dan siswa dengan
penerapan pembelajaran konvensional. Terbukti dengan rata-rata gain kelas
eksperimen 0,68 yang lebih tinggi dengan rata-rata gain kelas kontrol 0,30. Dari
uji Mann-Whitney U diperoleh perbedaan rata-rata yang signifikan pada taraf
nyata 0,05, diketahui bahwa hasil analisis uji Mann-Whitney U nilai MannWhitney U sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05, yaitu 0,00 < 0,05 berarti H
0
ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model
pembelajaran ARIAS lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran
konvensional pada pokok bahasan himpunan