Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Wulan, Yuliana
Alona, Dwinata
Febrian, Febrian
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-21 11:57:54
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model
pembelajaran examples non examples dengan yang memperoleh pembelajaran
konvensional di SMP Negeri 4 Bintan. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen desain pretest-posttest
control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII SMP Negeri 4 Bintan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas
dengan jumlah siswa 72 orang. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai
kelas sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling,
yaitu kelas VIII C dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII A yang berjumlah 25 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes
pemahaman konsep matematis pada materi sistem koordinat.
Dari hasil analisis diperoleh rata-rata peningkatan pemahaman konsep
matematis siswa kelas eksperimen sebesar 0,4816, sedangkan rata-rata
peningkatan kelas kontrol sebesar 0,3152. Berdasarkan hasil perhitungan uji
hipotesis menggunakan Independent Sample T-test pada taraf signifikansi 5% atau
( = 0,05), diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,009. Dalam penelitian ini
menggunakan uji satu pihak (pihak kanan) diperoleh sig 0,0045 dimana p-value <
, maka Ho
ditolak. Hal ini berarti peningkatan kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran
examples non examples lebih tinggi daripada yang memperoleh pembelajaran
konvensional.