Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Nur, Irdawati
Legi, Elfitra
Indah, Pujiastuti
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Datestamp
2021-07-22 03:24:24
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya Efektivitas
Model Pembelajaran Group Investigation pada Kemahiran Menceritakan Kembali
Cerita Hikayat Siswa Kelas XF2 Sekolah Menengah Kejuruan Bintan Insani
Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode
Pra-eksperimen one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah
kelas X Sekolah Menengah Kerjuruan Bintan Insani Tanjungpinang Tahun
Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa yang
diambil menggunakan teknik purposive samplingpada kelas XF2.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pretest sebelum
menggunakan model pembelajarangroup investigation pada kemahiran
menceritakan kembali cerita hikayat memperoleh nilai rata-rata 61 kategori C
kualifikasi rendah, sedangkan nilai posttest setelah menggunakan model
pembelajaran group investigation pada kemahiran menceritakan kembali cerita
hikayat memperoleh nilai rata-rata 76.08 kategori B kualifikasi tinggi. Jadi,
berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh t
hitung
yaitu 9,2939 sedangkan
ttabel dengan dk= 25-2= 23 yaitu 0,413. Maka dapat diketahui bahwa t
hitung
lebih
besar dari t
tabel
yaitu 9,2939>0,413, data tersebut telah membuktikan bahwa
hipotesis (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Group
Investigation efektif diterapkan pada pembelajaran menceritakan kembali cerita
hikayat Siswa Kelas XF2 Sekolah Menengah Kejuruan Bintan Insani
Tanjungpinang tahun pelajaran 2018/2019.