DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA KEMAHIRAN MENCERITAKAN KEMBALI CERITA HIKAYAT SISWA KELAS XF2 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BINTAN INSANI TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Nur, Irdawati
Legi, Elfitra
Indah, Pujiastuti
Subject
371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 
Datestamp
2021-07-22 03:24:24 
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation pada Kemahiran Menceritakan Kembali Cerita Hikayat Siswa Kelas XF2 Sekolah Menengah Kejuruan Bintan Insani Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode Pra-eksperimen one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Sekolah Menengah Kerjuruan Bintan Insani Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive samplingpada kelas XF2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pretest sebelum menggunakan model pembelajarangroup investigation pada kemahiran menceritakan kembali cerita hikayat memperoleh nilai rata-rata 61 kategori C kualifikasi rendah, sedangkan nilai posttest setelah menggunakan model pembelajaran group investigation pada kemahiran menceritakan kembali cerita hikayat memperoleh nilai rata-rata 76.08 kategori B kualifikasi tinggi. Jadi, berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh t hitung yaitu 9,2939 sedangkan ttabel dengan dk= 25-2= 23 yaitu 0,413. Maka dapat diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 9,2939>0,413, data tersebut telah membuktikan bahwa hipotesis (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Group Investigation efektif diterapkan pada pembelajaran menceritakan kembali cerita hikayat Siswa Kelas XF2 Sekolah Menengah Kejuruan Bintan Insani Tanjungpinang tahun pelajaran 2018/2019. 
Institution Info

Universitas Maritim Raja Ali Haji