Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Sega, Sega
Isnaini Leo, Shanty
Tessa Dwi, Leoni
Subject
411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
Datestamp
2021-07-22 03:27:08
Abstract :
Keterampilan membaca artikel dengan menulis artikel adalah dua aspek
yang sangat berhubungan, sebelum menulis tentunya harus membaca untuk
mencari sumber atau referensi dengan tujuan untuk menemukan gagasan yang
ingin ditulis Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian kepada siswa kel as XI
SMA Muhammadiyah Tanjungpinang untuk mengetahui sejauh mana
keterampilan membaca artikel dan sejauh mana keterampilan menulis artikel serta
hubungan antara kedua keterampilan berbahasa tersebut.
Penelitian ini diambil dengan menggunakan seluruh sampel kelas XI yaitu
sebanyak 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif kuantitatif, tehnik pengumpulan data ialah berupa soal objektif pilihan
ganda, cara peneliti menilai hasil kerja siswa denga menggunakan rubrik penilaian
dengan kriteria menentukan 5W+1H, menentukan ide pokok, menentukan
informasi, sedangkan pada tes keterampilan menulis, peneliti menggunakan rubrik
penilaian dengan kriteria kesesuaian judul dengan topik, bernilai
inspiratif/bermanfaat, penggunaan bahasa, bernilai aktual, struktur penulisan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan nilai rata-rata keterampilan
membaca artikel siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tanjungpinang adalah
baik dengan nilai 79,1, sedangkan nilai rata-rata keterampilan menulis artikel
siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tanjungpinang adalah baik dengan nilai
77,8. Dari hasil analisis korelasi antara keterampilan membaca artikel dan
keterampilan menulis artikel SMA Muhammadiyah Tanjungpinang diketahui
bahwa r hitung 0,081, sedangkan r tabel 0,374 dengan tarif signifikan 5%. Artinya
r hitung ? dari nilai r tabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan
kriteria tingkat korelasi maka nilai r hitung 0,081 berarti berada pada rentang 0,00-0,199. Jadi, dapat dikatakan bahwa hubungan keterampilan membaca artikel dan
keterampilan menulis artikel SMA Muhammadiyah Tanjungpinang dalam tingkat
sangat rendah. Berdasarkan dari uji signifikan hasil yang diperoleh ialah t
terhitung 0,413, sedangkan t tabel uji dua fihak (dk = 26, a = 0,05) ialah 2,056.
Jadi t hitung ? dari t tabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara
keterampilan membaca artikel dan keterampilan menulis artikel SMA
Muhammadiyah Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019.