Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Lili, Endang
Isnaini Leo, Shanty
Legi, Elfitra
Subject
411 Writing Systems/Sistem Tulisan, Penulisan
Datestamp
2021-07-22 04:31:25
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk melihat ada atau tidaknya Efektivitas Model
Pembelajaran PAKEM terhadap Kemahiran Menulis Teks Laporan Hasil
Observasi Siswa Kelas X IPS Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun
Pelajaran 2017/2018. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks laporan
hasil observasi yaitu siswa tidak dapat menentukan struktur dan kaidah kebahasan
dalam menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan desain
pra-eksperimen one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah kelas X
Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel
penelitian ini berjumlah 27 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive
sampling pada kelas X IPS. Peneliti menggunakan uji shapiro wilk untuk
melakukan uji normalitas, karena jumlah sampel <50. Jika sampel >50 maka
peneliti menggunakan kolmogrov-smirnov.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PAKEM untuk nilai
pretest kemahiran menulis teks laporan hasil observasi memperoleh kategori
?cukup?, hal tesebut dapat dilihat dari nilai rata -rata yaitu 59.95, sedangkan untuk
nilai postest siswa memperoleh kategori ?baik?, hal tersebut dapat dilihat dari
nilai rata-rata yaitu 85.18. jadi berdasarkan perhitungan uji t, peneliti memperoleh
thitung
yaitu 4,30 sedangkan t
tabel
dengan dk=27-2-1=24 (t.s=0,404). Berdasarkan
hal tersebut dapat disimpulkan bahwa, hasil pengujian membuktikan thitung
lebih
besar dari ttabel
yaitu 4,30? 0,404 dalam hal ini pengujian H0 ditolak dan Ha
diterima karena model pembelajaran PAKEM efektif diterapkan pada
pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri
Tanjungpinang.