Institusion
Universitas Maritim Raja Ali Haji
Author
Mira, Dianti
Legi, Elfitra
Indah, Pujiastuti
Subject
371.36 Project Methods/Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Datestamp
2021-07-22 04:43:22
Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya Efektivitas
Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada kemahiran menulis teks eksposisi
siswa kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang Tahun Pelajaran
2018/2019. Model Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan informasi dalam
pembelajaran karena dalam Pembelajaran Berbasis Masalah kemampuan berpikir
siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang
sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji, dan
mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpinang
Tahun Pelajaran 2018/2019.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa yang
diambil menggunakan teknik purposive sampling pada kelas X Agama 2. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra -eksperimen one group
pretest-postest.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Model Pembelajaran Berbasis
Masalah untuk nilai pretest kemahiran menulis teks eksposisi memperoleh
kategori C ?rendah?, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata -rata yaitu 58,75,
sedangkan untuk nilai postest siswa memperoleh kategori B ?tinggi?, hal tersebut
dapat dilihat dari nilai rata-rata yaitu 82,67. Jadi berdasarkan perhitungan uji t,
peneliti memperoleh t
hitung
yaitu 3,25 sedangkan t
tabel
dengan dk = 28-2 = 26 (t
tabel
= 0,37). Maka dapat diketahui bahwa thitung
adalah lebih besar daripada tt
abelyaitu :
0,37 < 3,25 > 0,37. Artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Dengan demikian ada
efektivitas yang signifikan dari Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada
Kemahiran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Agama 2 Madrasah Aliyah
Negeri Tahun Pelajaran 2018/2019