Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik ditinjau dari gender dan self-efficacy. Teknik pengambilan
subjek menggunakan teknik purposive. Subjek penelitian diambil dari peserta didik kelas
XI-B PA dan XI-C PI SMA Terpadu Darussalam Rajapolah Tasikmalaya. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah,
angket self-efficacy, dan wawancara tak terstruktur. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self
efficacy, dan pedoman wawancara. Kemampuan pemecahan masalah matematis dalam
penelitian ini diidentifikasi melalui langkah-langkah pemecahan masalah matematis
menurut Polya. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik perempuan dengan
kategori self-efficacy tinggi dan sedang mampu memenuhi langkah-langkah pemecahan
masalah menurut Polya, dan peserta didik perempuan dengan kategori self efficacy
rendah hanya mampu memenuhi langkah-langkah memahami masalah. Untuk peserta
didik laki-laki dengan kategori self-efficacy tinggi dan sedang belum mampu memenuhi
langkah memeriksa kembali (look back), dan peserta didik laki-laki dengan kategori self?efficacy rendah belum mampu memenuhi keempat langkah-langkah pemecahan masalah
matematis.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gender, Self-Efficacy