Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self management dan motivasi
belajar terhadap metakognitif peserta didik pada pembelajaran biologi. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Bojonggede sebanyak 182 peserta didik, dengan
sampel yaitu kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 38 peserta didik dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket Metacognitive Awareness
Inventory (MAI), angket Self management menggunakan angket yang diadaptasi dari Aris
Setyawan pada tahun 2013, dan angket motivasi belajar menggunakan Motived Strategies
Learning Questioner (MSLQ) . Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, hubungan self management dengan metakognitif memiliki koefisien
korelasi sebesar 0,708 termasuk pada kategori tinggi, Hubungan motivasi belajar dengan
metakognitif memiliki koefisien korelasi sebesar 0,677 termasuk pada kategori tinggi. Untuk hasil
penelitian hubungan self management dan motivasi belajar terhadap metakognitif memiliki
koefisien korelasi sebesar 0,831 termasuk pada kategori tinggi atau kuat. Dapat disimpulkan
bahwa ada hubungan self management dan motivasi belajar terhadap metakognitif peserta didik
pada pembelajaran biologi di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bojonggede Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Self Management, Motivasi Belajar, Metakognitif