Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari kegiatan
telemarketing yang dilakukan pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang
Pembantu Banjar. Pendekatan penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara
mendalam dan participant observer, data sekunder diperoleh dari data laporan
telemarketing dalam dua bulan yaitu Bulan November s.d. Desember 2023. Hasil
penelitian ini akan membahas mengenai penerapan telemarketing, efektivitas
telemarketing yang akan dianalisis melalui beberapa indikator yaitu ketepatan
sasaran program, sosialisasi program, tujuan program dan pemantauan program.
Dalam penelitian ini juga akan membahas mengenai hambatan yang terjadi dalam
penerapan telemarketing dan solusinya pada PT. Bank Tabungan Negara Kantor
Cabang Pembantu Banjar. Salah satu hambatan dalam kegiatan telemarketing ini
yaitu terletak pada feedback yang diberikan nasabah saat proses penawaran
berlangsung. Oleh karena itu, petugas harus senantiasa menawarkan produk
semenarik mungkin dan terus melakukan follow up terhadap nasabah yang telah
setuju melakukan pemesanan produk.
Kata kunci: efektivitas, telemarketing, produk simpanan