Abstract :
Masalah rendahnya hasil belajar di SMAN 3 Tasikmalaya yang disebabkan
ketidaktepatan penerapan model pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis quasi
experimental serta desain penelitian non equivalent control group design. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes objektif berbentuk pilihan ganda. Populasi
penelitian adalah seluruh kelas XI IPS di SMAN 3 Tasikmalaya berjumlah 107
siswa sedangkan sampel yang diambil dengan teknik non probability sampling jenis
sampling purposive adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group
investigation terhadap belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi
perdagangan internasional. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran ekonomi materi perdagangan internasional, dimana Ha
diterima jika nilai sig.(2-tailed) < 5% atau 0.05 dan berdasarkan hasil penelitian
diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Rata-rata skor kelas eksperimen
lebih tinggi daripada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Group Investigation, Hasil Belajar