Abstract :
Dompet digital merupakan inovasi di dunia keuangan. Dompet digital
semakin populer karena cara penggunaan praktis dan efisien untuk melakukan
transaksi keuangan. Saat ini, jumlah aplikasi digital dengan pengguna terbanyak di
Indonesia adalah Go-Pay dan Dana. Dengan banyaknya pengguna aplikasi, masalah
yang dikeluhkan juga bermacam. Masalah utama yaitu kesulitan dalam mengakses
menu aplikasi sehingga diperlukan peningkatan dalam segi fitur atau menu untuk
mempermudah pengguna. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk
membandingkan user experience dari dua dompet digital tersebut. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode User Experience Questionnaire (UEQ),
UEQ adalah alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur pengalaman pengguna
dari produk, layanan, atau sistem tertentu. UEQ dirancang untuk menilai berbagai
aspek pengalaman pengguna, termasuk aspek kognitif seperti kepuasan,
pemahaman, dan efisiensi, aspek afektif emosi dan kenikmatan, juga aspek umum
seperti estetika dan kegunaan. Untuk mendapatkan responden pengguna kedua
dompet digital tersebut, dibuat kuesioner berbentuk online menggunakan google
form yang mengacu pada parameter metode UEQ dengan target 130 populasi. User
Experience sangat penting dalam membangun sebuah sistem agar dapat terus
berinovasi memberikan kesan baik untuk pengguna saat menggunakan aplikasi.
Kata Kunci : Dompet Digital, User experience, User Experience Questionnaire
(UEQ).