Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran produk
Tabungan Perencanaan Masa Depan (Tapenas) yang diterapkan oleh PT. Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Kas Sutisna Senjaya Tasikmalaya. Data
yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif, data
primer, data sekunder, dan wawancara mendalam dengan pegawai bank yaitu
Customer Service. Dari hasil penelitian pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero)
Kantor Kas Sutisna Senjaya Tasikmalaya strategi pemasaran produk Tapenas
menggunakan pendekatan marketing mix 7P yang terdiri dari produk, harga,
promosi, orang, proses, tempat,dan bukti fisik Hambatan yang dihadapi dalam
memasarkan produk ialah dari pihak Bank nya kurang dalam mempromosikan
produk Tapenas, dan ketersedian saldo di rekening nasabah yang tidak cukup.
Adapun solusi dari hambatan tersebut yaitu pihak Bank harus lebih meningkatkan
promosi produk Tapenas melalui sarana media elektronik, dan petugas lebih
meningkatkan fitur produk Tapenas.
Kata kunci : strategi pemasaran, Tapenas