Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh resiliensi akademik
dan self efficacy terhadap stres akademik pada peserta didik kelas XI IPS SMA
Negeri di Kecamatan Singaparna Tahun Ajaran 2022/2023 baik secara parsial
maupun simultan. Metode yang digunakan yakni metode survey melalui desain
eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 293 peserta didik, dan sampel
sebanyak 169 peserta didik dengan menggunakan teknik perhitungan rumus slovin
serta teknik pengambilan sampel yaitu simpel random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner serta teknik analisis data menggunakan
analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 25. Adapun hasil
penelitian menunjukkan bahwa : 1) Resiliensi akademik berpengaruh positif dan
signifikan terhadap stres akademik dengan nilai signifikansi 0,039. 2) Self efficacy
berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres akademik dengan nilai
signifikansi 0,000. 3) Resiliensi akademik dan self efficacy berpengaruh positif dan
signifikan terhadap stres akademik dengan nilai signifikansi 0,000.
Kata Kunci : Resiliensi Akademik, Self Efficacy, Stres Akademik