Abstract :
Adinda Salsabila, 2023. Pengaruh Motivasi, Kualitas Pelayanan dan
Religiusitas Terhadap Minat Nasabah dalam Berinfaq Sedekah Online
(Studi Pada pengguna BSI Mobile di Kota Tasikmalaya). Skripsi.
Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas
Siliwangi
Minat nasabah dalam berinfaq sedekah secara online melalui BSI Mobile
masih cenderung kurang pelaksanaannya padahal dalam menyalurkan infaq
sedekah online saat ini sangat mudah dilakukan. Dengan adanya fitur tersebut
mayoritas dari nasabah sebagai responden kuesioner masih ada yang belum pernah
menyalurkan infaq sedekah secara online. Maka tujuan dari penelitian ini adalah
mengetahui pengaruh motivasi, kualitas pelayanan dan religiusitas terhadap minat
nasabah dalam berinfaq sedekah online melalui BSI Mobile.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpukan
data berupa kuesioner google form. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
berjumlah 100 dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel
purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Motivasi (X1) memiliki
pengaruh positif terhadap minat, berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana
diperoleh persamaan Y = 8,019 + 0,903X1, uji koefisien korelasi sederhana X1
sebesar 0,577, koefisien determinasi sebesar 33,3%, dan uji t diperoleh t hitung
sebesar 6,999. Kualitas Pelayanan (X2) memiliki pengaruh positif terhadap minat,
hasil uji regresi linear sederhana diperoleh persamaan Y = 15,130 + 0,324X2, uji
koefisien korelasi sederhana X2 sebesar 0,746, koefisien determinasi sebesar
55,6%, dan uji t diperoleh t hitung sebesar 11,076. Religiusitas (X3) memiliki
pengaruh positif terhadap minat, hasil uji regresi linear sederhana diperoleh
persamaan Y = 8,811 + 0,507X3, uji koefisien korelasi sederhana sebesar 0,662,
koefisien determinasi sebesar 43,9%, dan uji t diperoleh t hitung sebesar 8,751.
Variabel Motivasi (X1), Kualitas Pelayanan (X2), dan Religiusitas (X3) secara
bersama-sama berpengaruh terhadap minat, berdasarkan regresi linear berganda
sebesar Y = 2,983 + 0,300X1 + 0,196X2 + 0,228X3, uji koefisien korelasi berganda
sebesar 0,803, koefisiensi determinasi sebesar 63,4%, dan uji F diperoleh F hitung
sebesar 58,053.
Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi, kualitas pelayanan dan
religiusitas berpengaruh positif terhadap minat nasabah dalam berinfaq sedekah
online pada pengguna BSI Mobile di Kota Tasikmalaya.
Kata Kunci: Motivasi, Kualitas Pelayanan, Religiusitas, Minat