Abstract :
LILIS MERY FEBRIYANI. 2023. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Case
Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta
Didik. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis
peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model case based learning dan
efektivitas penerapan model case based learning terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik pada materi peluang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian Pre-Experimental Design dengan desain
penelitian One-Shot Case Study. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 5 Banjar dengan sampel penelitiannya kelas VIII-G. Pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes
uraian kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi peluang. Teknik analisis
data berupa statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan menganalisis serta
mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik menggunakan IBM
SPSS Statistic 22. Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk, dilanjutkan Uji T Satu
Sampel. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kemampuan pemecahan masalah
matematis peserta didik yang menggunakan model case based learning dengan
persentase 86,67% dan diperoleh