Abstract :
Perdagangan internasional dapat didefinisikan sebagai kegiatan transaksi
perdagangan, yang dilakukan oleh warga suatu negara dan warga negara asing
berdasarkan kesepakatan bersama. Kakao merupakan salah satu komoditas
unggulan yang berperjuang untuk ekspor. Ekspor kakao Indonesia terjadi
perubahan komposisi, lemak kakao memberikan kontribusi ekspor terbesar jika
dibandingkan dengan ekspor produk olahan kakao Indonesia lainnya. Peningkatan
konsumsi kakao dunia akan menjadi peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan
ekspor lemak kakao. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisa daya saing
ekspor lemak kakao Indonesia di pasar internasional berdasarkan keunggulan
komparatif. (2) Menganalisa daya saing ekspor lemak kakao Indonesia di pasar
internasional berdasarkan keunggulan kompetitif. Objek penelitian ini fokus pada
posisi dan kemampuan daya saing ekspor lemak kakao Indonesia di pasar
internasional dengan membandingkan negara-negara eksportir terbesar pada lemak
kakao (Kode HS 1804). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Analisis RCA (Revealed Comparative Advantage), Product Mapping, dan ECI
(Export Competitiveness Index). Hasil analisis RCA menunjukkan bahwa ekspor
lemak kakao Indonesia memiliki keunggulan komparatif dan berdasarkan analisis
Product Mapping ekspor lemak kakao Indonesia berada pada kelompok A yang
artinya memiliki keunggulan komparatif dan spesialisasi ekspor. Hasil analisis ECI
menunjukkan bahwa ekspor lemak kakao memiliki keunggulan kompetitif serta
menunjukkan ekspor lemak kakao Indonesia mempunyai arah trend naik. Indonesia
berpeluang menjadi negara utama dalam menguasai pasar lemak kakao di pasar
internasional baik dari sisi keunggulan komparatif maupun kompetitif. Untuk itu,
dalam meningkatkan daya saing diperlukan upaya peningkatan kualitas biji kakao
sehingga akan berdampak kepada industri hilirnya salah satunya lemak kakao. Perlu
juga analisis lanjutan mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ekspor
lemak kakao Indonesia dan negara pesaingnya.
Kata Kunci: Daya Saing, ECI, Lemak kakao, Product Mapping, RCA.