Abstract :
Muhammad Nurkholis Dzikri Alfauzi. 2023. PENGARUH MODEL
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI
HUKUM NEWTON
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta
didik dibuktikan dengan hasil tes uraian keterampilan berpikir kritis pada materi
hukum newton. Kurangnya kemampuan menganalisis menyebabkan peserta didik
sulit untuk membedakan Hukum Newton, peserta didik juga belum bisa
memfokuskan pertanyaan dan menganalisis argumen sehingga kesulitan dalam
menjawab soal uraian keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning
(CTL) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Hukum
Newton. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian
post-test only control group design. Penelitian ini bertempat di SMA Negeri 6
Tasikmalaya. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA sebanyak 7 kelas
dengan jumlah 306 peserta didik. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan
cluster random sampling yaitu kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X
MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta
didik dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan
jumlah soal 8 butir yang mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis pada
materi hukum newton. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik yaitu
uji t dengan taraf signifikansi (