Abstract :
SUCI ROHMATIKA, 2023. HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR
DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasi di Kelas XII MIPA
SMA NEGERI 8 Kota Tasikmalaya Semester Ganjil Tahun Ajaran
2020/2021). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar
dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi di Kelas XII MIPA
SMA Negeri 8 Kota Tasikmalaya semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XII MIPA SMA Negeri 8 Kota
Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 174 orang.
Sampel penelitian diambil dari kelas XII MIPA 5 sebanyak 36 peserta didik
dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu hasil belajar diperoleh dari nilai
Penilaian Akhir Semester (PAS), sedangkan untuk mengukur disiplin belajar
berupa kuesioner/angket yang terdiri dari 25 pernyataan yang diadopsi dari
Slameto. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara disiplin belajar
dengan hasil belajar. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,867 yang berarti
kekuatan korelasi kedua variabel berada pada kategori sangat kuat. Persamaan
regresi yang diperoleh Y = - 33,02+2,19*x. Nilai koefisien determinasi (R2)
sebesar 0,751. Hal ini menunjukkan bahwa variabel disiplin belajar memberikan
kontribusi sebesar 75,1% terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
biologi sedangkan sisanya 24,9 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara disiplin belajar
dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi di kelas XII MIPA
SMA Ngeri 8 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021.
Kata kunci: Disipin Belajar, Hasil Belajar, Korelasi