DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA KONSEP TERMODINAMIKA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
SETIADI, DILA RAHMA
Subject
QC Physics 
Datestamp
2023-08-01 03:44:21 
Abstract :
Dila Rahma Setiadi. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA KONSEP TERMODINAMIKA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Cikatomas ditemukan bahwa pemahaman konsep siswa pada konsep Termodinamika hanya bernilai 28,29% dengan kategori rendah. Upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Concept Attainment berbantuan media video. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment berbantuan media video terhadap pemahaman konsep siswa pada konsep termodinamika di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian matching-only pretest-posttest control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 167 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur pemahaman konsep siswa dilakukan tes sebelum dan setelah diberi perlakuan (pretest and posttest) berbentuk two-tier multiple choice pada konsep Termodinamika. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa 
Institution Info

Universitas Siliwangi