Abstract :
Dila Rahma Setiadi. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP
PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA KONSEP TERMODINAMIKA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1
Cikatomas ditemukan bahwa pemahaman konsep siswa pada konsep
Termodinamika hanya bernilai 28,29% dengan kategori rendah. Upaya yang
dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model
pembelajaran Concept Attainment berbantuan media video. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment
berbantuan media video terhadap pemahaman konsep siswa pada konsep
termodinamika di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas tahun ajaran
2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan
desain penelitian matching-only pretest-posttest control group desain. Populasi
penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cikatomas sebanyak 5
kelas dengan jumlah siswa 167 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan
teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur
pemahaman konsep siswa dilakukan tes sebelum dan setelah diberi perlakuan
(pretest and posttest) berbentuk two-tier multiple choice pada konsep
Termodinamika. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa