Abstract :
NISRINA NURFAJRIANTI. 2023. Proses Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam
Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Jurusan
Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif peserta didik dalam
menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient (AQ). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode eksplorasi. Teknik pengumpulan
data penelititian ini yaitu penyebaran angket adversity response profile, menyelesaikan
masalah matematika, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah angket adversity
response profile dan soal menyelesaikan masalah matematika materi bangun datar
segiempat dan segitiga. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs
Manarul Huda Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kategori
climbers melalui semua tahap proses berpikir kreatif Torrance dan menyelesaikan
dengan benar. Peserta didik kategori peralihan campers menuju climbers, campers,
peralihan quitters menuju campers melalui semua tahap proses berpikir kreatif Torrance
walaupun kategori peralihan campers menuju climbers dan kategori campers mengalami
kesalahan pada tahap menilai dan menguji tebakan hipotesis, memverifikasi dan menguji
kembali dan mengkomunikasikan hasil sedangkan kategori peralihan quitters menuju
campers mengalami kesalahan pada tahap memperkirakan atau membuat dugaan dan
merumuskan hipotesis jawaban, menilai dan menguji tebakan hipotesis, memverifikasi
dan menguji kembali dan mengkomunikasikan hasil.
Kata kunci: proses berpikir kreatif, Torrance, masalah matematika, adversity quotient