Abstract :
NOVITA INDAH WIJAYANTI. 2023. PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY
ENGINEERING ARTS MATHEMATICS (STEAM) DENGAN BANTUAN SMART
APPS CREATOR 3. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penenlitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran
matematika berbasis STEAM dengan bantuan software Smart Apps Creator 3 dan
mengetahui kelayakan media pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode Research & Development (R & D) dengan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation & Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi dan kuesioner, Instrumen penelitian menggunakan lembar studi
pendahuluan, angket penilaian kualitas media pembelajaran dengan lembar uji kelayakan
media dan angket respon peserta didik. Data penelitian ini bersumber dari ahli media,
ahli materi, dan peserta didik kelas VIII SMPN 5 Tasikmalaya. Teknik analisis data yang
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini yaitu menghasilkan produk aplikasi pembelajaran yang bernama
MatSTEAM2D dengan berbasis STEAM yang penggunaannya menggunakan android.
Produk dinilai dari kelayakan penggunaan media yang diukur berdasarkan kualitas
teknis, kualitas isi dan tujuan, dan kualitas respon peserta didik. Pada penilaian teknis,
ahli media menyatakan media pembelajaran masuk pada kategori sangat layak,
sedangkan pada penilaian kualitas isi dan tujuan ahli materi menyatakan media
pembelajaran masuk pada kategori layak, dan berdasarkan angket penilaian kualitas
instruksional pada uji coba kepada peserta didik, media pembelajaran yang masuk pada
kategori sangat layak sehingga media pembelajaran dapat digunakan untuk membantu
proses pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan media pembelajaran, media pembelajaran matematika
berbasis STEAM, software Smart Apps Creator 3.