Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pemberian jaminan
klaim asuransi bagi korban kecelakaan lalu lintas jalan yang dirawat di rumah sakit
pada PT. Jasa Raharja Kantor Perwakilan Tasikmalaya. Metode penelitian yang
digunakan ialah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan
metode wawancara mendalam, participant observer, dan studi kepustakaan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa mekanisme pemberian jaminan
klaim asuransi bagi korban kecelakaan yang sempat dirawat di rumah sakit, didasari
oleh adanya laporan polisi, surat jaminan (guarantee letter), identitas korban dan
wali korban/pemohon, surat kuasa, serta dokumen pendukung lainnya. Hambatan
yang dialami ialah kurangnya kelengkapan dokumen serta kurangnya pengetahuan
masyarakat terhadap Jasa Raharja itu sendiri. Oleh karena itu perlunya ketelitian
dari berbagai pihak dalam melengkapi dokumen persyaratan serta melakukan
sosialisasi secara terus-menerus bagi pihak PT. Jasa Raharja kepada masyarakat
agar masyarakat lebih mengenal dan memahami peran PT. Jasa Raharja sebagai
perusahaan milik negara yang menyediakan layanan sosial dalam bentuk asuransi
sosial bagi masyarakat.
Kata kunci: mekanisme, jaminan klaim, asuransi kecelakaan