Abstract :
SITA MAYASARI. 2023. Proses Berpikir Spasial Peserta Didik pada Materi
Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Level Berpikir Van Hiele. Jurusan
Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir spasial peserta didik pada
materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari level berpikir Van Hiele. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data
dipilih melalui tes level berpikir Van Hiele, tes berpikir spasial dan wawancara.
Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, soal tes level berpikir Van Hiele dan soal
tes berpikir spasial. Pengambilan subjek penelitian ini dilakukan dengan cara purposive
yaitu peserta didik yang mampu mengerjakan soal tes berpikir Van Hiele secara bertahap
dari level 0 sampai level 2, peserta didik yang mampu mengerjakan soal level 0 dan
memenuhi kategori kemudian diberikan soal tes level 1, kemudian peserta didik yang
mampu mengerjakan soal level 1 diberikan soal level 2 dan dikategorikan menjadi level
0, level 1, level 2 serta peserta didik pada setiap kategori level yang menjawab soal tes
berpikir spasial tanpa dilihat benar atau salahnya. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga
orang peserta didik kelas VIII C SMPN 1 Panjalu pada kategori level 0 (visualisasi), level
1 (analisis) dan level 2 (deduksi informal) pada level berpikir Van Hiele. Teknik analisis
data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa proses berpikir spasial subjek visualisasi
didominasi dengan proses akomodasi, sedangkan subjek analisis dan deduksi informal
didominasi dengan proses asimilasi, namun subjek visualisasi dan analisis mengalami
ketidakseimbangan pada proses berpikir ditandai dengan subjek visualisasi keliru dalam
menghitung luas permukaan aula, selain itu keduanya tidak menyimpulkan hubungan
yang terbentuk dari perbandingan luas permukaan dan perbandingan volume atap,
sedangkan subjek deduksi informal menjawab soal dengan benar sehingga terjadi
keseimbangan. Ketiga subjek menggambarkan jaring-jaring bangun ruang dan memberi
keterangan dengan tepat dilihat dari visualnya. Dilihat dari proses berpikir spasialnya,
berdasarkan level berpikir Van Hiele ketiga subjek dapat menggambarkan suatu objek
bangun ruang dengan tepat yang dilihat dari visualnya, namun subjek visualisasi belum
mampu memahami sifat dan unsur serta hubungan suatu objek bangun ruang. Subjek
analisis dan deduksi informal memahami sifat dan unsur suatu objek bangun ruang,
subjek deduksi informal dapat menyimpulkan hubungan antar suatu objek bangun ruang,
sedangkan subjek analisis tidak dapat menyimpulkan hubungan yang terbentuk antar
objek bangun ruang.
Kata kunci: proses berpikir spasial, asimilasi, akomodasi, level Van Hiele