DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP EFIKASI DIRI DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI OPTIK (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
ANJIANA, RIFA
Subject
QC Physics 
Datestamp
2023-08-03 08:17:46 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya efikasi diri dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi optik serta kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran Fisika. Salah satu solusi yang dilakukan peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap efikasi diri dan keterampilan berpikir kreatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 8 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling sebanyak 2 kelas. Untuk mengukur efikasi diri yaitu dengan menggunakan angket sebelum dan sesudah diberikan perlakuan sedangkan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk uraian berjumlah 7 soal pada materi optik. Hasil pengujian hipotesis dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) menunjukkan bahwa nilai sig < 0,05 yang berarti 
Institution Info

Universitas Siliwangi