Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
variasi produk terhadap keputusan pembelian melalui citra merek. Penelitian ini
dirancang sebagai jenis survey method dengan melakukan penyebaran angket
kepada 220 responden yang merupakan pengguna Laptop Acer di Indonesia yang
pernah membeli Laptop Acer, dengan menggunakan purposive sampling. Alat
analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling
(SEM). Hasil penelitian membuktikan bahwa variasi produk berpengaruh
terhadap citra merek, citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan
citra merek berhasil memediasi hubungan variasi produk dengan keputusan
pembelian. Artinya semakin bervariasi suatu produk, maka akan meningkatkan
citra merek, dan semakin baik citra merek di benak konsumen, semakin
mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Kata kunci: Citra Merek, Variasi Produk, Keputusan Pembelian