Abstract :
MIA NURHASANAH. 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN
PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF
ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR
KRITIS DAN RETENSI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurusan
Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Siliwangi, Tasikmalaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
problem based learning berbantuan media interaktif articulate storyline terhadap
keterampilan berpikir kritis dan retensi pada pembelajaran biologi. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan April-Juli 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah
quasi-experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design.
Populasi yaitu seluruh kelas X IPA SMA Negeri 1 Kawali tahun ajaran 2022/2023
sebanyak 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik
purposive sampling dengan kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 3
sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2
instrumen yaitu instrumen keterampilan berpikir kritis berbentuk soal uraian
sebanyak 13 soal, sedangkan instrumen retensi berbentuk soal pilihan ganda
sebanyak 34 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA satu
jalur. Skor rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis dan retensi kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil
pengujian hipotesis penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif articulate
storyline terhadap keterampilan berpikir kritis dan retensi dengan nilai signifikansi
0,000 dan 0,041.
Kata Kunci: Problem Based Learning; Articulate Storyline; Keterampilan Berpikir
Kritis; Retensi.