Abstract :
ALIF AHDIYAH. 2023. Students? Challenges in Online English Learning
During the Covid-19 Pandemic: A Case Study at a Junior High School. Jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP),
Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.
Pembelajaran daring dianggap sebagai terobosan atau paradigma baru di masa
pandemi Covid-19 karena terjadi secara tiba-tiba. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi tantangan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris online selama
pandemi Covid-19 di sebuah sekolah menengah pertama. Penelitian ini
menggunakan studi kasus deskriptif sebagai desain penelitian. Penelitian ini
dilakukan di sebuah sekolah menengah pertama di Cilacap, Jawa Tengah,
khususnya di kelas 9. Tiga orang siswa dilibatkan untuk menjadi partisipan
penelitian. Penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur online melalui
WhatsApp kepada semua partisipan. Data penelitian dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis tematik. Hasil analisis mengungkapkan tiga tema
yang muncul tentang tantangan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran daring.
Mereka adalah beban digital siswa, lingkungan belajar dan ketidaktertarikan dalam
proses pembelajaran.
Kata Kunci: Tantangan Siswa, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19