Abstract :
WANDA SALSABILA. 2023. Efektivitas Pembelajaran Hybrid Terhadap
Kemampuan Literasi Digital Peserta Didik pada Materi Virus (Studi Analisis
Deskriptif di Kelas X SMA Negeri 2 Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Biologi.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas
pembelajaran hybrid terhadap kemampuan literasi digital peserta didik di materi
virus pada saat pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) berlangsung di Kelas X
SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2022 hingga
Desember 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengukur efektivitas pembelajaran hybrid dan kemampuan literasi digital peserta
didik adalah instrumen angket yang diberikan kepada peserta didik, lembar
observasi yang diberikan kepada observer, dan wawancara kepada peserta didik.
Teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi data metode. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa efektivitas pembelajaran hybrid sudah berlangsung
secara efektif, dikatakan efektif karena sebagian besar peserta didik dapat
memahami materi yang diberikan oleh guru, memiliki kesiapan dalam memulai
pembelajaran, memiliki motivasi untuk belajar, dan dapat melakukan pembelajaran
sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Selanjutnya, berdasarkan penelitian,
kemampuan literasi digital peserta didik berada pada kategori baik, dikatakan baik
karena sebagian besar peserta didik dapat mengakses informasi yang terdapat di
internet, memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi dan media digital
untuk keperluan akademik, dan memiliki kemampuan komunikasi dan etika dalam
lingkungan digital yang cukup baik. Sehingga secara keseluruhan efektivitas
pembelajaran hybrid telah berlangsung dengan efektif dan kemampuan literasi
digital peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Tasikmalaya sudah baik dan dapat
di tingkatkan kembali.
Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Literasi Digital, Pembelajaran Hybrid