Abstract :
INE SRI HAYATI WAHYUNI. 2023. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif
Matematis Peserta Didik Intelligence Quotient di atas Rata-Rata Ditinjau dari Gaya
Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Program Studi Pendidikan
Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis
peserta didik yang memiliki intelligence quotient di atas rata-rata ditinjau dari gaya
kognitif field dependent dan field independent. Metode yang digunakan pada penelitian
ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu tes GEFT, pemberian tes kemampuan berpikir kreatif matematis
dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes GEFT dan soal tes kemampuan
berpikir kreatif matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI
MIPA 5 yang memiliki intelligence quotiont di atas rata-rata pemilihan subjek dilakukan
dengan mengambil peserta didik yang telah mengisi tes GEFT untuk dikategorikan gaya
kognitif field dependent dan field independent dan peserta didik yang telah mengisi tes
kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh simpulan
bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik intelligence quotient diatas
rata-rata dengan gaya kognitif field dependent lebih terlihat pada indikator kelancaran dilihat
dari hasil jawaban tes soal kemampuan berpikir kreatif matematis dan hasil wawancara
peserta didik tersebut lancar dalam menjawab soal (2) kemampuan berpikir kreatif matematis
peserta didik intelligence quotient diatas rata-rata dengan gaya kognitif field independent
lebih terlihat pada indikator kelenturan dan kerincian dilihat dari hasil jawaban tes soal
kemampuan berpikir kreatif matematis dan hasil wawancara peserta didik tersebut lebih
terperinci dalam menjawab soal.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Intelligence Quotient, Field
Dependent dan Field Independent