Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis program advertising,
marketing event dan after sales service yang diminati oleh evangelist customer di
X-Sha, serta mengetahui dan menganalisis pengaruh advertising, marketing event
dan after sales service terhadap terbentuknya evangelist customer di X-Sha baik
secara parsial dan simultan. Metode penelitian ini menggunakan metode survei
dengan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui path analysis. Data diperoleh
dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak
394, yang merupakan anggota member X-Sha. Hasil penelitian ini menyimpulkan
bahwa: Program advertising yang diminati oleh evangelist customer di X-Sha
adalah online advertising dengan media Instagram. Kemudian program marketing
event yang diminati oleh evangelist customer di X-Sha adalah product discount
dengan program GAJAH (Gajian Happy). Serta program after sales service yang
diminati oleh evangelist customer di X-Sha adalah product return dengan pilihan
retur pada jenis produk yang sama. Dapat disimpulkan juga bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan pada hasil analisis jalur variabel advertising, marketing
event dan after sales service terhadap terbentuknya evangelist customer di X-Sha
baik secara parsial dan simultan.
Kata Kunci: Advertising, after sales service, customer journey, evangelist
customer, marketing event