Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Structured Inquiry terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada materi
perubahan lingkungan di Kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran
2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan
desain penelitian the matching posttest-only control group design. Populasi dalam
penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran
2022/2023 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 189 peserta didik. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang
digunakan yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4
sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk pengumpulan data menggunakan tes
kemampuan literasi sains berupa soal sebanyak 25 soal pilihan ganda mengenai
materi perubahan lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis
menggunakan uji t independen dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model
pembelajaran Structured Inquiry terhadap kemampuan literasi sains peserta didik
pada materi perubahan lingkungan dengan sub indikator dengan skor rata-rata
tertinggi di kelas eksperimen adalah memahami desain penelitian dan bagaimana
pengaruhnya terhadap temuan atau simpulan ilmiah.
Kata Kunci: Model Pembelejaran, Structured Inquiry, Literasi Sains