Abstract :
Pembelajaran merupakan suatu proses untuk mendapatkan ilmu
pengetahuan yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lainnya. Dalam setiap
pembelajaran tentunya akan berhadapan dengan permasalahan yang dimiliki oleh
setiap orang. Salah satu permasalahan yang muncul yaitu mengenai waktu
pelaksanaan pembelajaran. Sehingga penelitian ini dilaksanakan karena munculnya
permasalahan yang timbul dari warga belajar yang terkendala oleh waktu sehingga
melaksanakan alternatif pembelajaran dengan melaksanakan pembelajaran tersebut
dengan menggunakan metode home visit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahui dan mendeskripsikan mengenai pembelajaran dengan metode home
visit pada Pendidikan kesetaraan paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota
Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif yaitu pemecahan masalah yang didapatkan dengan
cara mendeskripsikan keadaan objek atau subjek penelitian berdasarkan fakta yang
ada dilapangan. Peneliti juga menggunakan sumber data yaitu pengelola paket C,
tutor paket C dan warga belajar paket C di SKB Kota Tasikmalaya dan teknik
pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Instrument yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan metode home visit pada pendidikan kesetaraan paket C yang meliputi
aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi merupakan metode
pembelajaran yang efektif dalam mengurangi serta menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan warga belajar, khususnya permasalahan yang berkaitan dengan
keterhambatan waktu waktu yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran
secara langsung dilembaga.
Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Home Visit, Pendidikan Kesetaraan