Abstract :
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan
lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar dan implikasinya terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 8 Tasikmlaya.
Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan
kuantitatif, dengan menggunakan Proportional Random Sampling dengan jumlah
sebanyak 207 peserta didik. Berdasarkan hasil peneltian menggunakan Path
Analysis ditemukan bahwa gaya belajar tidak berpengaruh terhadap motivasi
belajar dengan hasil signifikansi 0,218. Sedangkan lingkungan sekolah
berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan hasil signifikansi 0,002. selanjutnya
gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil signifikansi
0,323. Sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar dengan
hasil signifikansi 0,006. Dan untuk motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil
belajar dengan hasil signifikansi 0,001. Selanjutnya gaya belajar tidak berpengaruh
terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan thitung sebesar 0,969.
Sedangkan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi
belajar dengan thitung sebesar 2,149. Dari Hasil penelitian diharapkan peserta didik
mampu mengenali gaya belajarnya untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajarnya. Sedangkan guru dapat menyampaikan materi sesuai dengan gaya
belajar peserta didik. bagi peneliti selanjutnya diharapkan mencari variabel lain
agar gaya belajar dapat berpengaruh di penelitian selanjutnya.
Kata Kunci : Gaya belajar, Lingkungan sekolah, Motivasi belajar, Hasil
belajar