Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan konteks pizza dan menghasilkan
Leraning Trajectory (LT) atau lintasan belajar peserta didik dalam pembelajaran materi
operasi bilangan pecahan melalui Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra.
Metode penelitian ini menggunakan Design Research yang meliputi 3 tahapan yaitu, the
preparing for the experiment, the design experimen (pilot experiment dan teaching
experiment), dan analysis retrospective. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu,
menyajikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), melakukan observasi, melakukan
wawancara, pengambilan dokumentasi proses pembelajaran dan memberikan soal tes
pemahaman materi operasi bilangan pecahan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), catatan lapangan, pedoman wawancara,
dokumentasi aktivitas pembelajaran dan soal tes. Penelitian ini dilakukan pada peserta
didik SMP Negeri 1 Cisayong kelas VII-I pada tahap pilot experiment dan VII-G pada
tahap teaching experiment. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa diketahui
konteks pizza memiliki peranan sebagai concept forming, model forming, applicability,
dan berperan dalam melatih kemampuan khusus. Selain itu, dihasilkan Leraning
Trajectory (LT) pada materi operasi bilangan pecahan, dengan konteks pizza melalui
Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra yaitu (1) Mengidentifikasikan
masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan pecahan menggunakan konteks
pizza dan menentukan gambar dari setiap bagian pizza, (2) Menyatakan masing-masing
bagian pizza dan menyatakan penyebutnya (untuk operasi penjumlahan dan pengurangan
bilangan pecahan dengan penyebut sama) atau menyamakan penyebutnya menggunakan
KPK (untuk operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dengan penyebut
berbeda), (3) Menganalisis konsep operasi bilangan pecahan dengan cara mengarsir
berbantuan Geogebra, serta dapat menentukan hasil dari operasi bilangan pecahan, dan
(4) Mendefinisikan operasi bilangan pecahan.
Kata Kunci: Learning Trajectory (LT), operasi bilangan pecahan, Problem Based
Learning (PBL), Geogebra, Design Research