DETAIL DOCUMENT
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Siliwangi
Author
AGNI, NINA NUR
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2023-08-08 01:55:08 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan GeoGebra dan efektivitas penggunaan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian One-shot case study. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII-H. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan GeoGebra berada pada kategori baik. Penggunaan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan GeoGebra efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kata kunci: Efektivitas, Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), GeoGebra, Kemampuan Komunikasi Matematis 
Institution Info

Universitas Siliwangi