Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta
didik yang pembelajarannya menggunakan model Process Oriented Guided Inquiry
Learning (POGIL) Berbantuan GeoGebra dan efektivitas penggunaan model Process
Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan GeoGebra terhadap kemampuan
komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan desain penelitian One-shot case study. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh
peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Sampel penelitian yaitu peserta
didik kelas VIII-H. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling.
Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan komunikasi matematis peserta
didik. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak. Berdasarkan hasil
analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta
didik yang pembelajarannya menggunakan model Process Oriented Guided Inquiry
Learning (POGIL) Berbantuan GeoGebra berada pada kategori baik. Penggunaan model
Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan GeoGebra efektif
terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Kata kunci: Efektivitas, Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL),
GeoGebra, Kemampuan Komunikasi Matematis