Abstract :
Faktor self regulated learning (SRL) dan keterlibatan belajar siswa di kelas
sangat mempengaruhi kemampuan literasi geografi (GLS) siswa sekolah menengah
atas program ilmu sosial. Kemampuan literasi geografi merupakan kemampuan
esensial yang harus dimiliki oleh siswa, terutama pada program ilmu sosial.
Penelitian ini menyelidiki signifikansi hubungan antara SRL dan Student Learning
Engagement (SLE) terhadap kemampuan literasi geografi siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis analisis SEM-PLS.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara SRL dan SLE terhadap
kemampuan literasi geografi yang ditunjukkan dengan nilai P value antara SLE
terhadap kemampuan Geo-literasi (0,001) dan SRL terhadap kemampuan Geo?literasi (0,000). Oleh karena itu, untuk mendorong peningkatan kemampuan literasi
geografi pada siswa, salah satu caranya adalah dengan membentuk SRL siswa dan
mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.
Kata kunci: Keterampilan Geo-literasi, Pembelajaran mandiri, Keterlibatan belajar
siswa