Abstract :
Puskesmas Bungursari merupakan salah satu puskesmas di Kota
Tasikmalaya. Puskesmas ini melayani berbagai program puskesmas seperti
periksa kesehatan (check up), pembuatan surat keterangan sehat, rawat jalan,
lepas jahitan, ganti balutan, jahit luka, cabut gigi, periksa tensi, tes hamil,
bersalin / persalinan, periksa anak, tes golongan darah, asam urat, kolesterol,
rawat inap dan lainnya. Pelayanan DTP Puskesmas Bungursari juga baik
dengan tenaga kesehatan yang baik, mulai dari perawat, dokter, alat kesehatan
dan obatnya. Puskesmas ini dapat menjadi salah satu pilihan warga
masyarakat Kota Tasikmalaya untuk memenuhi kebutuhan terkait Kesehatan.
Hasil penelitian di atas diselaraskan dengan pendapat ahli bahwa kualitas
pelayanan dilihat dari tangible atau bukti fisik (berwujud) dapat membuat
merasa takjub dan juga nyaman dalam pelayanan kesehatan. Dari hasil
penelitian ini Gambaran Kepuasan Mutu Pelayanan Kesehatan Pasien Rawat
Inap Puskesmas Bungursari dapat disimpulkan sebagai berikut : Bukti fisik
(kondisi keadaan lingkungan) Enak, bagus, nyaman, megah dan serta bersih,
Perhatian petugas kesehatan saat pasien berada dalam kondisi rawat inap
mempunyai perhatian perawat bagus, Kecepatan/respon petugas kesehatan
dalam melaksanakan rawat inap adalah Perawat datang ketika keluarga pasien
meminta pertolongan tepat waktu dan tidak terlalu lama dalam menunggu
kecuali perawat sedang dalam kondisi menangani pasien lainnya, Petugas
kesehatan tepat waktu ketika pasien membutuhkan pertolongan bahwa
perawat sangat telaten dan juga tahu harus bagaimana menangani pasien serta
tepat akan tindakannya , jaminan yang diberikan petugas kesehatan sehingga
pasien merasa terpenuhi harapannya saat berada dalam kondisi rawat inap
perawat akan datang ketika pasien membutuhkan pertolongan atau
penanganan, sehingga perawat bisa menerangkan dan juga menangai pasien
saat pasien sedang dalam kesakitan, Saran : Perawat diharapkan dapat
menjalankan tugas sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh puskesmas
sehingga rekam jejak perawat dalam memberikan tindakan ada dan bisa
dibuktikan
Kata kunci: Kepuasan, Mutu Pelayanan, Rawat Inap
Kepustakaan : 2014-2021