Abstract :
Mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi
merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas VIII
berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun, pada kenyataanya, peserta didik kelas
VIII A MTs Al-Fadlliyah Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 banyak yang belum
memenuhi KKM. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tindakan kelas
berupa pembelajaran dengan model pembelajaran Think Talk Write.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model
pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII
MTs. Al-Fadlliyah tahun ajaran 2020/2021 dalam mengidentifikasi dan
menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi. Metode yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas.
Penelitian tindakan kelas merupakan metode penelitian tekstual dan dilakukan
dalam dua siklus. Hasil pengolahan data menunjukan adanya peningkatan proses dan
hasil belajar peserta didik dari siklus kesatu ke siklus kedua. Siklus pertama, pada
aspek pengetahuan terdapat peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu
berjumlah 15 orang (60%) dan yang mencapai KKM 10 orang (40%). Pada aspek
keterampilan, peserta didik yang belum mencapai KKM pun yaitu 15 orang (60%)
dan yang mencapai KKM 10 orang (40%). Pada siklus kedua, baik dalam
pengetahuan maupun keterampilan, semua peserta didik, yaitu 25 peserta didik
(100%) berhasil mencapai KKM.
Hasil uji Wilcoxon menunjukkan Whitung < Wtabel dalam taraf siginifikasi 0,01
(68<89). Artinya, hipotesis tindakan penelitian diterima. Dengan demikian, model
pembelajaran Think Tallk Write dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi
dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi pada peserta didik kelas VIII
A MTs Al-Fadlliyah tahun ajaran 2020/2021.