Abstract :
Siswa tingkat menengah di Indonesia mengalami kesulitan dalam merangkai kata,
frase, dan kalimat dalam pembelajaran menulis. Siswa bahasa Inggris sebagai
bahasa asing (EFL) merasa sulit menulis dalam bahasa Inggris karena mereka harus
menggunakan tata bahasa dan kosa kata bahasa Inggris yang benar, menerapkan
keterampilan menulis yang telah mereka pelajari, dan menggabungkan pengetahuan
mereka. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan suara siswa mengenai
kesulitan yang mereka alami dalam menulis di kelas. Metode penelitian
menggunakan studi kasus deskriptif. Partisipan terdiri dari tiga siswa sekolah
menengah di salah satu sekolah menengah negeri di Tasikmalaya, Jawa Barat,
Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan dokumen artefak dan
wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan analisis tematik (Braun &
Clarke, 2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan memilik kesulitan
dalam menulis Bahasa Inggris. Hasil tersebut adalah: 1. Students? Difficulties in
Language Elements, 2. The Difficulties in Cognitive Problem, 3. Students?
difficulties in Organizing Ideas, 4. Psychological Affecting Students? Having
Difficulty in Writing English, peneliti menyimpulkan bahwa participant memliki
banyak kesulitan dari berbagai aspek dalam menulis Bahasa Inggris. Implikasi dari
penelitian ini adalah mengetahui kesulitan yang dihadapi oleh siswa EFL dalam
menulis Bahasa Inggris.
Kata kunci: Kesulitan siswa, menulis, EFL