Abstract :
Kualitas pelayanan yang baik harus memenuhi dimensi-dimensi pada teori kualitas
pelayanan yakni dimensi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan kepedulian.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tingkat kualitas pelayanan yang dimiliki
LKP Simphony Music School dan bagaimana kepuasan peserta pelatihan terhadap kualitas
pelayanan yang mereka terima. Penelitian ini menggunakan teori utama tentang kualitas
pelayanan (service quality) yang diciptakan oleh Parasuraman. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode survei untuk mengetahui penilaian peserta pelatihan pada
kualitas pelayanan dan bagaimana tingkat kepuasan atas pelayanan tersebut. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini yakni dengan teknik purposive sampling sehingga
dihasilkan 56 peserta pelatihan sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan
nilai rata-rata kesenjangan yang dimiliki pada dimensi harapan dan kualitas pelayanan
yakni sebesar 0,76. Nilai ini memiliki arti bahwa kualitas pelayanan pada LKP masuk
kedalam kategori sangat tidak baik dan tingkat kepuasan peserta pelatihan masuk dalam
kategori sangat tidak puas. Sehingga LKP memerlukan evaluasi dalam pelayanan pada lima
dimensi kualitas pelayanan, guna meningkatkan kualitas pelayanan serta tingkat kepuasan
peserta pelatihan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Lembaga Kursus dan Pelatihan, Kepuasan
Peserta Pelatihan.