Abstract :
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran
cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar servis atas
bola voli pada siswa kelas XI IPS 5 di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan.
Objek penelitian siswa kelas XI dan subjeknya kelas XI IPS 5 SMA Negeri 10
Kota Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 siswa terdiri dari 25
siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan terdapat
peningkatan hasil belajar servis atas permainan bola voli pada siswa kelas XI IPS
5 Kota Tasikmalaya pada siklus ke I sebesar 73,61 yang terbagi pada dua aspek
penilaian yaitu aspek Kognitif dengan nilai 70,77 dan pada penilaian aspek
Psikomotor sebesar 74. Berlanjut pada siklus ke II dengan hasil penelitian
menunjukan adanya peningkatan yang lebih baik dengan perolehan nilai secara
keseluruhan sebesar 78.43 yang terbagi menjadi dua aspek penilaian yaitu aspek
kognitif dengan nilai 77,44 dan penilaian pada aspek psikomotor dengan nilai
79,41, dengan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) sebanyak 31 peserta didik atau setara dengan 86,1% dalam pencapaian
proses pembelajaran pendidikan jasmani materi servis atas di SMA Negeri 10
Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Belajar, Cooperative Learning, Jigsaw, servis atas