Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis
peserta didik pada materi gelombang mekanik dan kegiatan pembelajaran yang
masih berpusat pada guru sehingga peserta didik hanya berpacu pada satu titik
pembelajaran. Upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi masalah
tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Read, Answer, Disscus,
Explanation and Create (RADEC) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta
didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Read, Answer, Disscus, Explanation and Create (RADEC) terhadap keterampilan
berpikir kritis pada materi gelombang mekanik di SMAN 10 Tasikmalaya. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian
control group design. Populasi penelitian ini yaitu kelas XI MIPA SMAN 10
Tasikmalaya sebanyak 5 kelas. Sampel penelitian yang diambil dengan
menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas 11 MIPA 2
sebagai kelas eksperimen dan 11 MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan rincian
masing-masing 34 peserta didik. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dapat di
ukur dengan melakukan tes sebelum perlakuan (Pretest) dan tes setelah perlakuan
(Postest) berbentuk esay yang berjumlah 8 soal pada materi gelombang mekanik.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji
homogenitas), dan uji hipotesis (uji t). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada
taraf signifikansi (