Abstract :
Penilaian sejawat dalam presentasi oral merupakan salah satu metode penilian
presentasi dalam prosess kegiatan ngajar mengajar, penilaian ini dilakukan oleh
siswa kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman siswa
dalam penggunaan penilaian sejawat yang dilakukan di presentasi oral. Penelitian
ini menggunakan studi kasus deskriptif sebagai desain penelitian. Penelitian ini
dilakukan di sebuah universitas yang ada di negara Indonesia. Tiga orang
mahasiswa dilibatkan untuk menjadi partisipan penelitian. Penelitian ini
menggunakan wawancara semi-terstruktur online melalui WhatsApp kepada semua
partisipan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tematik.
Hasil analisis mengungkapkan dua tema yang muncul yaitu tentang peluang yang
bisa diambil oleh siswa diantaranya siswa mendapatkan ulasan balik, membantu
siswa untuk memahami materi, siswa dapat belajar dengan jujur, siswa dapat
belajar secara kolaboratif, dan membangun penilaian yang adil. Tema kedua yaitu
tantangan yang dihadapi oleh siswa dalam menggunakan peer assessment,
diantaranya yaitu siswa merasa bingung dalam menilai temannya, siswa merasa
takut dalam memberikan nilai kepada teman, dan juga penilaian sejawat dalam
presentasi oral menuntut siswa terlibat secara aktif Salam pembelajaran dan
penilaian.
Kata Kunci: Penilaian sejawat, Oral presentasi, Tantangan penilaian sejawat,
Manfaat penilaian sejawa